Jumat 21 Feb 2014 09:06 WIB

Kenapa Sih Sering Marah Ketika Hamil?

Red: Indira Rezkisari
Emosional ketika hamil dipandang lumrah.
Foto: Prayogi/Republika
Emosional ketika hamil dipandang lumrah.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sudah masuk kehamilan 6 bulan. Kenapa saya jadi sering marah, ya, dok? Selain itu kaki saya bengkak dan sulit berjalan, apa yang harus dilakukan? Boleh ikut senam hamil tidak, dok, kalau sedang sakit seperti ini?

Deswanti (25 tahun)

 

Jawaban:

Salam untuk Deswanti, terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Terkait dengan kondisi yang emosional sehingga terjadi situasi yang mudah marah-marah, agaknya hal itu terbilang lumrah pada ibu hamil.

Disebut sebuah kewajaran karena pada ibu hamil terdapat perubahan  faktor psikis dan hormonal, dan hal itu dapat bersifat fluktuatif sehingga agaknya menjadi hal normal.

Sama halnya dengan kondisi tersebut, gejala kaki bengkak pun merupakan hal umum pada ibu hamil. Asalkan tekanan darahnya normal. Bila tensi darahya tinggi perlu dikhawatirkan, karena dapat berakibat pada terjadinya keracunan kehamilan. Sehingga perlu dilakukan cek protein urinnya.

Bagi ibu hamil, maka aktivitas fisik seperti senam hamil menjadi sebuah hal yang positif membantu gerak tubuh dalam membangun stamina dan fleksibilitas. Sehingga tetap boleh mengikuti senam hamil, pada umumnya dimulai pada usia kehamilan 28 minggu.

Demikian Bu Deswanti yang dapat dijelaskan, semoga sehat dan sukses selalu kehamilan hingga persalinan nantinya. Salam.

dr Sanny Santana, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement