Lintasan balap Assen digunakan untuk menggelar ajang balap Dutch Tourist Trophy (TT) sejak 1925. Pada ta hun perdana gelaran Kejuaraan Balap Mo tor Dunia (kini MotoGP) 1949 trek ja lanan tersebut menjadi salah satu venue.
Pada 1955 sirkuit dibangun permanen untuk balapan di Negeri Kincir Angin. Sirkuit Assen dimodifikasi pada 1999. Panjang lintasan yang semula berjarak enam kilometer dipangkas menjadi 4,555 kilometer. Meski hanya memiliki trek lurus sepanjang 487 meter, Assen merupakan sirkuit dengan kecepatan tertinggi. Ini karena kondisi permukaan trek kondusif, sehingga memberikan level grip yang tinggi pada motor para pembalap.
Status Assen sebagai sirkuit yang tak pernah absen menggelar balapan sejak 1949, membuatnya spesial. Para fans menyebut Assen sebagai katedral bagi balap motor dunia. Balapan di Assen selalu spektakuler dengan kapasitas mencapai 100 ribu penonton. rep:adi wicaksono ed: israr itah