Senin 11 Jan 2016 15:00 WIB

Belanja Murah Lewat Jasa Titip Beli

Red:

Kehadiran beragam layanan titip belanja semakin memudahkan para penggemar ajang belanja (shopaholic). Saat ini jasa titip belanja, terutama untuk membeli barang dari luar negeri cukup menjamur di Tanah Air.

Pembeli hanya tinggal memesan barang lewat situs titip belanja, barang yang diinginkan pun bisa langsung diantar ke tempat tujuan konsumen. Jenis barang yang bisa dipesan dari luar negeri sangat beragam. Mulai dari majalah atau buku, pakaian, suvenir, kosmetik, sampai gadget.

Jodie Suherman (24 tahun) termasuk yang merasa terbantu dengan kehadiran sejumlah layanan sejenis itu, terutama situs titip belanja. Menurutnya, belanja menggunakan jasa titip beli tentu telah mengehemat waktu bahkan anggaran belanjanya.

"Sebenarnya, lebih murah dan tentunya gampang pula kalau lewat jasa titip beli. Ya, lumayan ke luar negeri jarang, jadi ada layanan seperti ini dimanfaatkan," terang warga asal Depok, Jawa Barat, itu beberapa waktu lalu.

Kendala umum yang dihadapi para konsumen dalam bertransaksi via situs e-commerce terkemuka dari luar negeri juga adalah masalah ketiadaan kartu kredit. Bayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan konsumen, mulai dari apply slip kredit lepas, menunggu persetujuan dari faksi bank, mencatatkan kartu kredit ke PayPal, terverifikasi, hingga baru mampu melakukan transaksi.

Tetapi, kendala-kendala semacam itu sirna saat konsumen berbelanja lewat jasa titip beli. Situs titip beli memberikan beragam kemudahan dan efisiensi bagi konsumen.

Bagi yang ingin mendapat barang dengan harga miring, situs jasa titip beli, tokohasta.com, bisa menjadi alternatif. Toko yang murni online ini melakukan pengiriman dari Jakarta. Benny, salah satu pengelola situs Toko Hasta mengatakan, konsumen umumnya lebih sering memesan produk, seperti fesyen, aksesori, mainan, dan kosmetik. "Kalau untuk barang-barang terlarang, tidak akan kami layani," jelas Benny.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa Toko Hasta bisa menjual barang dengan harga murah? Jawabannya sederhana, perusahaan tidak perlu menyewa tempat untuk berdagang. Modal perusahaan adalah koneksi dengan pemasok produk dan menjualnya secara online melalui halaman web.

Harga barang juga lebih miring karena biaya operasional perusahaan sangat minim dan tidak terlalu membebankan harga jual. Dengan berbelanja di Toko Hasta, konsumen membayar sendiri ongkos kirim barang yang dibeli.

Toko Hasta adalah usaha kecil mandiri (UKM) yang memulai berdagang online sejak 2012. Efektif pada Februari 2015, UKM dilepas kepemilikannya kepada perusahaan di Amerika Serikat (AS).

Setelah setahun lebih Toko Hasta berjualan secara online, tepat pada Desember 2013, Toko Hasta memiliki empat lokasi gudang penyimpanan yang tersebar di beberapa negara. Seperti, Sarasota, AS, tempat penyimpanan barang belanja gadget, aksesori, dan komoditi lainnya dari AS di Kuala Lumpur (Malaysia), serta tempat penyimpanan gadget dan komputer di Singapore FTZ.

Tempat lainnya ada di Tangerang, Indonesia, sebagai tempat penyimpanan gadget dan komputer, serta penyimpanan aksesori gadget dan aksesori cerutu. Jasa titip beli barang belanjaan dari Amerika dan Malaysia termasuk yang paling direkomendasikan.

Ia menambahkan, Toko Hasta mengoptimalkan pengeluaran tambahan rangkaian persediaan barang demi menjaga harga jual yang kompetitif.

Konsumen bisa membuat akun di situs jasa titip beli ini. Dengan membuat akun, berbelanja akan semakin cepat dan mudah. Konsumen bisa mendapatkan status pesanan secara up to date, dan bisa melihat pesanan yang pernah dilakukan sebelumnya. Belanja di Toko Hasta juga mudah, bisa dilakukan via situs ataupun e-mail (surat elektronik).

Untuk cara belanja via situs, konsumen perlu memilih barang yang ingin dibeli terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih alamat tujuan, tentukan metode pengiriman, metode pembayaran, dan rekening pembayaran serta terakhir konfirmasi pesanan. Konsumen juga dapat menampilkan status pesanan dengan mengunjungi "Akun Saya" dan mengeklik "Riwayat Pesanan".

Sedangkan, via e-mail, konsumen cukup mengirim kode barang yang ingin dipesan dan dikirim ke e-mail [email protected]. Kode barang beserta jumlahnya sudah tertera dalam situs.

Ada pula jasa titip beli produk perabotan rumah tangga merek IKEA. Melaui akun Instagram ikea_storeid, misalnya, konsumen bisa membeli produk berharga sama dengan yang ada di toko. Pengelola ike_storeid, Dania mengatakan, konsumen hanya perlu menambah ongkos kirim dan jasa titip. Titip Beli IKEA adalah jasa titip pembelian produk-produk IKEA Indonesia yang hanya ada di galeri IKEA.

"Jasa titip yang dikenakan adalah 20 persen untuk pembelanjaan barang di atas Rp 300 ribu," kata Dania saat dihubungi. n ed: dewi mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement