Selasa 17 Mar 2015 13:00 WIB

Setiap Hari, 35 Perempuan Jadi Korban Kekerasan

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Yunianti Chuzaifah mengungkapkan, sebanyak 35 perempuan Indonesia setiap harinya menjadi korban kekerasan seksual. Karena itu, Yunianti mengatakan, lembaganya mendorong agar Rancangan Undang-Undang Perlindungan Kekerasan Seksual segera disahkan.

“Menjadi urgensi bagi Pak Jokowi untuk mendukung adanya inisiatif kebijakan, terutama UU Perlindungan Kekerasan Seksual,” ujar dia dalam konferensi pers seusai menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Senin (16/3). Saat memberikan keterangan tersebut, Yunianti didampingi oleh 14 komisioner lainnya.

Menurut Yunianti, Komnas Perempuan saat ini menerima dana Rp 10 miliar dari pemerintah. Selain dana dari APBN, sambung dia, Komnas HAM juga mendapat bantuan dana dari Australia, Belgia, Norwegia, dan PBB. Dana tersebut dialokasikan untuk kegiatan pemantauan,  pemulihan, dan promosi kegiatan Komnas Perempuan.

Lebih lanjut, Yunianti menambahkan, dalam pertemuan, Presiden Jokowi juga telah menyatakan komitmennya untuk menguatkan peran Komnas Perempuan, baik dari segi finansial maupun kebijakan strategis. “Hari ini Pak Jokowi berjanji akan memberi dukungan yang lebih konkret,  termasuk membentuk satuan kerja mandiri dan perubahan Perpres yang berkaitan dengan temuan-temuan terhadap sejumlah isu,” kata dia. n halimatus sa'diyah rep: halimatus sa'diyah ed: andri saubani

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement