Kamis 19 Jun 2014 12:00 WIB

KCJ Gandeng GMF Rawat Komponen Listrik KRL

Red:

JAKARTA -- PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan anak usaha PT Garuda Indonesia Airways (GIAA), Garuda Maintenance Facilities (GMF) Aeroasia dalam bidang perawatan dan perbaikan komponen kereta rel listrik (KRL). Salah satu perbaikan adalah memperbaiki motor listrik, seperti motor traksi, motor generator, dan motor kompresor pada KRL milik KCJ.

 

 

 

 

 

 

 

 

Direktur Utama GMF, Richard Budihadianto mengatakan, kerja sama yang berdurasi satu tahun tersebut mencakup perawatan dan perbaikan mesin listrik sebagai penggerak utama dan pendukung kinerja KRL. Di mata GMF sendiri, kerja sama ini merupakan pengembangan bisnis nonaviasi.  "Kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF, terutama bagi GMF Power Services sebagai unit bisnis GMF untuk meraih pasat domestik dan internasional dalam bidang nonaviasi," kata Richard di Jakarta, Rabu (18/6).

Dirut PT KCJ Tri Handoyo menyampaikan bahwa tujuan dijalinnya kerja sama dengan GMF tersebut adalah karena GMF dinilai mampu dan memiliki teknologi yang mampu meningkatkan keandalan dari mesin KRL serta meningkatkan usia pakai motor listrik KRL yang notabene merupakan komponen utama penunjang operasional KRL. "Dalam jangka panjang, kami yakin dapat mengurangi gangguan sarana KRL yang terkait motor listrik, hingga akhirnya penguna jasa akan merasakan perbaikan layanan KRL," jelas Handoyo.

Handoyo menjelaskan, dalam pelaksanaannya nanti, motor listrik KRL yang membutuhkan perawatan nantinya akan dikirim ke GMF untuk penanganan khusus. "Penanganan khusus itu, antara lain, penggantian komponen motor listrik dengan komponen asli dari pabrik yang membuatnya serta pengujian motor yang sesuai standar internasional," jelas dia.

GMF sendiri saat ini telah berpengalaman dalam bidang perbaikan dan perawatan rangka, mesin, komponen berbagai jenis pesawat terbang, juga melakukan perawatan terhadap komponen nonaviasi, termasuk komponen motor penggerak mesin, generator, mesin listrik yang merupakan unit bisnis dari GMF Power Service. PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) juga sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan GMF untuk penanganan pembangkit listrik. rep:aldian wahyu ramadhan ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement