Ahad 10 Jul 2016 16:12 WIB

Lagi, Korut Tembakkan Rudal Balistik

Red: Firman

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan melaporkan Korea Utara menembakkan sebuah rudal balistik dari kapal selam pada Sabtu (9/7). Namun, menurut militer Korsel, peluncuran ini tampaknya menemui kegagalan.

Kantor Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan, rudal diluncurkan pukul 11.30 pagi waktu Seoul dari perairan timur Semenanjung Korea. "Namun, sepertinya gagal pada tahap awal peluncuran," kata Kementerian Pertahanan Korsel. Jepang, Amerika Serikat, dan Korsel mengecam aksi peluncuran ini dan menyebutnya pelanggaran terhadap sanksi PBB.

Kantor berita Yonhapmengatakan, mesin rudal itu berhasil menyala, tetapi proyektilnya meledak ketika mengudara di ketinggian 10 kilometer. Militer Korsel menolak mengonfirmasi detail tersebut karena kebijakan negaranya tidak mengizinkan publikasi masalah intelijen.

Militer hanya mengatakan, rudal terdeteksi di perairan tenggara dari kota Korut, Sinpo. Citra satelit mengindikasikan Pyongyang secara aktif mencoba mengembangkan program rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLMB).