Ahad 29 Jun 2014 18:00 WIB

Nyoook ke Kampung Betawi

Red: operator

Pandangannya sejenak melayang. Kerut kening menyelipkan pikirannya yang tengah menembus kenangan dulu, cerita indah masa kecilnya. Pria tua duduk santai sembari dilantunkan musik gambang kro mong yang ia setel pelan dari pemutar CD-nya.

Azan Zhuhur baru saja beres berkumandang. “Dulu ni tempat serem, saban sore liwat Ashar, udeh ga ade nyang berani liwat. Ade buaye buntung, udah 30 orang ade kali nyelem gak balik-balik,” ujarnya antusias.

Cerita yang dikenang seorang Bang Minin (55 tahun), pedagang CD bajakan almarhum maestro tembang Betawi, Benyamin Sueb, di lapaknya. Cerita itu yang masih ia kenang di tempat sekarang ia berjualan, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Cerita itu yang ia kenang pada 1970-an, saat wilayah ini masih semak belukar. Dulu, katanya, masih sedikit rumah. Hanya terdapat danau yang berdasarkan cerita turuntemurun dibikin Pemerintah Belanda untuk keperluan pengairan pemukim setempat.

Setu Babakan yang dulu bukanlah yang sekarang. Kini, tempat ini menjadi pusat  kebudayaan Betawi yang menjadi magnet kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Tak ada lagi cerita buaya buntung, tak ada lagi kisah orang tenggelam. Setu Babakan maju berhias, bersolek, mempercantik diri mengiring kemajuan Jakarta. Setu Babakan kini menjadi perburuan para penikmat kelestarian sebuah budaya, kebudayaan Betawi dalam hal ini yang dilestarikan.