Kamis 07 Jan 2016 17:00 WIB

Pentingnya Melakukan Medical Check Up Rutin

Red:

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya melakukan medical check up (pemeriksaan kesehatan) itu sangatlah penting. Pemeriksaan kesehatan berguna untuk mengetahui keadaan terkini dan perkembangan kondisi kesehatan tubuh kita.

 

Pemeriksaan kesehatan juga berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga, dari pemeriksaan itu, jika didapati ada penyakit tertentu, dapat segera dilakukan penanganan sejak dini guna mengobatinya. Dengan demikian, penyakit tersebut tidak meluas ke seluruh tubuh atau berkembang menjadi fatal.

Menurut Vice President Marketing Prodia,  Indriyanti Rafi Sukmawati, di samping dituntut menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, olahraga teratur, dan waktu tidur yang tepat, kita juga wajib melakukan general medical check up atau pemeriksaan kesehatan keseluruhan setiap satu tahun sekali.

"Medical check up sewajarnya wajib dilakukan sedini mungkin, guna mendeteksi bermacam penyakit di dalam tubuh. Setiap keluarga wajib pula melakukan langkah ini guna mengetahui kondisi kesehatannya," katanya dalam penjelasan terkait kesehatan tubuh di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Apabila sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan ditemukan suatu penyakit, dokter akan segera menindaklanjuti penyakit tersebut dengan pemeriksaan lanjutan, bahkan dengan terapi lain atau sekaligus pengobatannya. Sayangnya, kebanyakan mereka yang melakukan hal ini bukan karena kesadaran diri sendiri, melainkan karena tuntutan perusahaan atau ketentuan yang telah digariskan di suatu tempat kerja.

"Sebagian besar yang melakukan check up medis karena keharusan, seperti halnya karyawan yang akan masuk sebuah perusahaan. Untuk tujuan personal, melakukan medical check up masih dianggap hanya membuang-buang waktu dan biaya," katanya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Head of Diabetes Clinic Rumah Sakit Sahid Sahirman Memorial Jakarta, Roy Sibarani, mengatakan, mencegah masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh tidak hanya cukup dilakukan dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat. Olahraga dan menjaga makanan belum tentu membuat seseorang terhindar dari penyakit.

Dikatakannya, sehat artinya sejahtera secara fisik, mental, dan sosial. Orang yang terlihat sehat belum tentu tubuhnya bebas dari penyakit. Maka, kata dia, melakukan pemeriksaan kesehatan dirasa sangat penting guna mendeteksi kesehatan tubuh serta penyakit-penyakit lain. "Apalagi jika penyakit itu ada hubungannya dengan genetik, jadi bisa diketahui sejak dini. Ditambah, berbagai macam penyakit kerap timbul di usia muda," katanya. n ed: dewi mardiani

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement