Selasa 30 Apr 2013 08:25 WIB

PM Suriah Selamat dari Bom

Red: Zaky Al Hamzah
PM Suriah Dr Wael al-Halqi
PM Suriah Dr Wael al-Halqi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT — Perdana Menteri Suriah Wael al-Halaqi selamat dari percobaan pembunuhan di ibu kota Damaskus, Senin (29/4). Serangan yang terjadi di Distrik Mazzeh tersebut menargetkan konvoi kendaraan perdana menteri.

Stasiun televisi pemerintah, Al Manar, melaporkan bagaimana Halaqi lolos dalam insiden tersebut. Namun, kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, seperti dikutip AFP, mengatakan, ajudan Halaqi tewas dalam insiden ini.

Tidak jelas apakah ledakan itu aksi bunuh diri atau bom yang sengaja ditanam. Seorang pejabat Suriah mengatakan, bom itu ditaruh di parkir mobil dekat kejadian. Laporan sebelumnya menyebutkan ini merupakan serangan murni bom bunuh diri.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Haaretz, enam orang tewas dalam serangan itu.  Serangan ini bukanlah yang pertama menargetkan pejabat tinggi di ibu kota Suriah.  Sebelumnya, pemerintah menyatakan serangan bom juga pernah terjadi di Distrik Mazzeh. Karena instansi pemerintah, militer, serta kompleks pejabat senior Suriah memang berada di distrik tersebut.