Ahad 12 May 2013 07:15 WIB

Anif-Budi Janji Berdayakan Rakyat

Red: Zaky Al Hamzah
Anif - Budidoyo
Anif - Budidoyo

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Temanggung Anif Punto-Budidoyo berjanji akan menjadikan pemberdayaan masyarakat sebagai ujung tombak pembangungan.

''Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya adalah menjadikan warga masyarakat sebagai subjek pembangunan, yang terlibat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan,'' ujar Anif Punto saat berdialog dengan pengurus dan anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) di Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (11/5).

Proses tersebut, lanjut Anif, mencakup pengembangan kemampuan, perubahan perilaku, serta pengorganisasian secara demokratis dan bertanggung jawab. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, menurutnya, maka masalah dan potensi yang ada bisa dikembangkan secara optimal. "Dengan demikian, ide penyelesaian masalah datang dari masyarakat itu sendiri,'' tuturnya.

Menurut Anif, masalah di masyarakat itu pasti ada, tapi ada potensi untuk menyelesaikan masalah. Biaya untuk menyelesaikan masalah menjadi lebih murah, jika budaya gotong-royong yang mulai luntur tercipta lagi.