Jumat 26 Jul 2013 02:46 WIB

Manchester United Beri Tenggat untuk Fellaini

Red: Zaky Al Hamzah
Marouane Fellaini
Foto: Getty Images
Marouane Fellaini

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Pelatih Manchester United (MU) David Moyes memiliki tenggat sepekan untuk mendapatkan gelandang Everton, Marouane Fellaini. Seperti diberitakan The Sun, Kamis (25/7), Fellaini memiliki klausul pelepasan (buy out clause), namun hanya sampai 31 Juli 2012. Moyes harus memanfaatkan klausul ini agar segera berhasil memboyong Fellaini ke Old Trafford.

United sebelumnya telah mengajukan penawaran yang kemudian ditolak Everton sebesar 12 juta pound (sekitar Rp 162 miliar) untuk membeli Leighton Baines. Jika menginginkan Fellaini yang juga menjadi incarannya, manajemen Iblis Merah harus mau mengeluarkan 22 juta pound (Rp 298 miliar) sesuai dengan nilai klausul pelepasan.

Setelah gagal mendapatkan Thiago Alcantara dari Barcelona yang lebih memilih hijrah ke Bayern Muenchen, United kini dibayang-bayangi kegagalan membeli Cesc Fabreags. Dua kali penawaran resmi United yang mencapai 31 juta pound (Rp 419 miliar) telah ditolak Barca. Hingga kini, Moyes belum menandai debut musimnya di Old Trafford lewat pembelian pemain yang signifikan untuk menaikkan moral pemain dan fans.

Kondisi di ruang ganti United diperburuk dengan polemik Wayne Rooney yang telah meminta dijual. Chelsea telah mengajukan penawaran resmi untuk Rooney meski masih ditolak oleh Moyes. Media-media Inggris melaporkan, pembelian Fellaini dan atau Fabregas akan bisa mengikis publikasi buruk klub belakangan ini. “Saya tidak berpikir para pemain terganggu dengan pembelian pemain yang dilakukan klub lain,” kata gelandang Phil Jones seperti dikutip The Sun.