Sabtu 03 Aug 2013 06:10 WIB

PNS Ikut Mudik Bersama

Red: Zaky Al Hamzah
Tradisi Mudik
Foto: MgROL17
Tradisi Mudik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Program mudik bersama tidak hanya digelar oleh kantor-kantor swasta. Pemerintah di sejumlah daerah pun turut menggelar mudik bareng bagi pegawai negeri sipil (PNS).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, misalnya, memberangkatkan lebih dari 100 PNS ke sejumlah destinasi pada Jumat (2/8) pukul 07.30 pagi. Pemberangkatan peserta mudik bersama ini dilepas oleh Asisten Daerah IV Iwa Karniwa di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, Bandung. Pelepasan ini ditandai dengan meluncurnya tiga bus besar dan satu mobil L300 yang membawa 130 orang PNS beserta keluarga.

Kepala Biro Humas Protokol dan Umum (HPU) Sekretariat Daerah (Setda) Jabar Ruddy Gandakusumah mengatakan, tradisi pelepasan mudik bersama PNS beserta keluarganya ini hanya dilakukan pada mereka yang bekerja di lingkungan Setda. Hal yang sama menurutnya juga dilakukan di organisasi perangkat daerah (OPD) dan dinas-dinas.

Para pemudik ini dilepas ke sejumlah daerah tujuan di Jawa Barat. Rinciannya, jurusan Bandung-Sumedang-Cirebon sebanyak satu minibus L300 untuk enam orang pemudik. Lalu, Tasikmalaya-Malangbong-Banjar satu bus untuk 26 orang penumpang. satu bus lagi jurusan Bandung-Tasikmalaya-Malangbong-Banjar untuk 65 orang.