Selasa 22 Oct 2013 04:45 WIB

Kesehatan Jamaah Diperiksa

Red: Zaky Al Hamzah
 Jamaah Haji Kelompok Terbang (kloter) pertama Jakarta tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Ahad (20/10) malam.     (Republika/Yasin Habibi)
Jamaah Haji Kelompok Terbang (kloter) pertama Jakarta tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Ahad (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air mulai, Ahad (20/10) malam. Petugas memeriksa kesehatan jamaah yang baru datang terlebih dahulu lantaran khawatir membawa penyakit menular. Upaya pencegahan penyakit salah satunya dilakukan dengan pemasangan mesin pemindah suhu tubuh. 

Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Batam, misalkan, memasang pemindai suhu tubuh di Bandara Hang Nadim Batam untuk memeriksa panas jamaah setibanya di Tanah Air guna mengantisipasi penyebaran virus korona.

“Ada beberapa alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di bandara. Jadi, sebelum mereka keluar diperiksa dulu suhu badannya,” kata Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Windarto, Senin, ( 21/10).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan pemindai untuk kepala, kata dia, mulai tahun ini pemeriksaan dilakukan pada seluruh tubuh. Jika hasil pemindaian jamaah diketahui memiliki suhu tubuh tinggi, akan dipisahkan dari jamaah lain untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Ini untuk mendeteksi dini adanya penyakit serangan virus jamaah, termasuk korona,” kata dia.