Rabu 30 Oct 2013 08:38 WIB
Penyelamatan Merpati

Kemenhub Minta Kepastian Penutupan Rute Merpati

Pesawat Merpati MA-60
Foto: Antara/Muhamad Nasrun
Pesawat Merpati MA-60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kepastian rencana penutupan sejumlah rute penerbangan maskapai PT Merpati Nusantara Airlines. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Herry Bakti S Gumay mengatakan, setiap maskapai diwajibkan memberitahukan penutupan rute pesawatnya.

Menurut Herry, pemilihan rute penerbangan yang akan ditutup sepenuhnya adalah hak maskapai penerbangan. ''Kalau tidak mampu (melayani), ya bagaimana,'' ujar Herry, Selasa (29/10). Dia menyampaikan hal itu menanggapi informasi mengenai adanya pengajuan penutupan beberapa rute penerbangan dari Merpati.

Direktur Angkutan Udara Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub, Djoko Murjatmodjo menambahkan, hingga kini pihaknya belum mendapatkan rute-rute yang akan ditutup oleh Merpati. Dia memperkirakan Merpati masih melakukan evaluasi terhadap rute-rute penerbangannya.

Sementara, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan, menurut aturan yang ada, setiap maskapai yang akan menghapus rute penerbangannya wajib memberi tahu Kementerian Perhubungan. Jika tanpa pemberitahuan dalam 21 hari, maka rute bersangkutan benar-benar ditutup.

Merpati merupakan BUMN penerima penyertaan modal negara (PMN) Rp 561 miliar pada 2011. Maskapai rute perintis ini memiliki utang Rp 5 triliun kepada sejumlah perusahaan, di antaranya PT Pertamina, PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, serta PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Merpati berencana melunasi setengahnya pada 2014 dan sisanya pada 2016.

Pada April 2013, Kementerian BUMN berkomitmen membentuk Tim Restrukturisasi Merpati untuk mempercepat penyelesaian utang perusahaan. Tim berupaya merestrukturisasi utang Merpati dengan meminta penjadwalan utang kepada kreditur swasta dan kemungkinan mengkonversi utang (debt to equity swap) menjadi saham pemerintah.

Menanggapi rencana penutupan sejumlah rute, Merpati memastikan tidak ada rute penerbangannya yang akan ditutup. Bahkan, Merpati baru saja menambah rute penerbangannya. Sekretaris Perusahaan PT Merpati Nusantara Airlines Riswanto mengatakan, Merpati masih aktif di Nusa Tenggara Timur (NTT). "Baru buka jalur ke Atambua," kata dia, kemarin.

Riswanto mengatakan, Merpati memang sedang defisit, namun pihaknya sama sekali tidak mengajukan penghapusan rute penerbangan. Riswanto belum bisa memberikan data total rute penerbangan dan biaya operasionalnya. Dia meminta semua pihak mendukung Merpati. Merpati memastikan tetap maksimal melayani para penumpangnya. n aldian wahyu ramadhan/antara ed: m ikhsan shiddieqy

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement