Sabtu 02 Nov 2013 08:20 WIB

Kadin Harus Gandeng Pebisnis Pemula

Red: Zaky Al Hamzah
Pengusaha Heppy Trenggono berbagi pengalaman dengan peserta acara NgobROL bersama Lazismu di Jakarta.
Pengusaha Heppy Trenggono berbagi pengalaman dengan peserta acara NgobROL bersama Lazismu di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Pemerintah berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bisa menggandeng pebisnis pemula untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, upaya menggandeng pebisnis, terutama sangat penting mengingat perekonomian di dunia mengalami penurunan.

“Padahal, banyak yang perlu diselesaikan dalam situasi sekarang ini, seperti menjaga pertumbuhan ekonomi, mengatasi defisit, menjaga daya saing, dan menjaga iklim investasi,” kata Hatta dalam acara pembukaan rapat pimpinan nasional Kadin se-Indonesia di Palembang, Jumat (1/11).

Hatta melanjutkan, saat ini daya saing produksi Indonesia masih lemah, terutama untuk produk ekspor. Karena itu, perlu meningkatkan hilirisasi agar perekonomian Indonesia semakin meningkat. Dalam meningkatkan pertumbuhan, pemerintah terus memberikan kemudahan sehingga perkembangan ekonomi akan lebih baik lagi. Namun, dalam mendorong perekonomian, Kadin bisa berperan lebih banyak, terutama mengajak pebisnis pemula untuk mengembangkan usahanya.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, rapimnas yang dilaksanakan sekarang ini diharapkan dapat memberikan rumusan-rumusan mengenai kemudahan dalam berinvestasi. Memang, kata Suryo, kondisi perekonomian yang sedang lesu saat ini masih akan berlanjut hingga 2014. Namun, Indonesia diharapkan tetap menjadi tempat yang menarik untuk berinvestasi.