Sabtu 14 Dec 2013 09:00 WIB

Pembangunan Ekonomi Butuh Peta Jalan

Red: Zaky Al Hamzah
Rokhmin Dahuri
Rokhmin Dahuri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia diminta menyediakan peta jalan agar pertumbuhan ekonomi berkualitas. Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Rokhmin Dahuri mengutarakan, terdapat lima sasaran (tujuan) untuk peta jalan pembangunan ekonomi.

"Peta jalan ini bisa mendorong Indonesia menjadi negara yang maju, sejahtera, serta mandiri," ujar Rokhmin, dalam paparan di seminar nasional bertema “Pembangunan Ekonomi Berbasis Inovasi dan Imtaq Menuju Indonesia yang Maju, Adil-Makmur, Berdaulat dan Diridhai Alah SWT” di Auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jumat (13/12).

Sebelumnya, Rokhmin mendukung penggunaan garis besar haluan negara (GBHN) dalam mengimplementasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia karena terarah dan berkelanjutan.    

Kelima tujuan tersebut, yakni, pertama, membangun kedaulatan pangan, energi, dan sumber daya alam (SDA) serta sarana pertahanan. "Kedaulatan sektor-sektor itu merupakan harga mati," ujar menteri kelautan dan perikanan periode 2001-2004 ini.