Jumat 17 Jan 2014 07:18 WIB

Kekuatan Menakutkan The Citizens

Red: Zaky Al Hamzah
Para pemain Manchester City.
Foto: bleacherreport.com
Para pemain Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Catatan 99 gol dari 33 laga di semua ajang sepertinya sudah cukup menggambarkan kekuatan menakutkan dari lini serang Manchester City. Kemenangan 5-0 atas Blackburn Rovers di partai ulangan babak ketiga Piala FA, Kamis (16/1) dini hari WIB, menggenapkan torehan mengagumkan tim besutan Manuel Pellegrini itu.

Sergio Aguero telah kembali dari cedera dan langsung mencetak gol. Tidak perlu waktu lama, hanya butuh 49 detik buat penyerang asal Argentina untuk bisa merobek gawang Rovers. Aguero, yang masuk menggantikan Alvaro Negredo, sukses menyelesaikan peluang pertama yang didapatnya dalam laga tersebut, tepatnya pada menit ke-73. Ini menjadi gol keempat City dalam laga tersebut.

Sebelumnya, Negredo sukses membuka keunggulan the Citizens pada menit akhir babak pertama. Penyerang asal Spanyol itu mampu menanduk umpan dari Fernandinho. Mantan striker Sevilla itu kemudian menggandakan kemenangan City usai memanfaatkan operan dari Aleksandar Kolarov. Ini menjadi gol ke-21 Negredo buat City pada musim ini dan mengantarkan dia sebagai top skorer sementara City menggeser Aguero.

Seolah tidak mau kalah, penyerang asal Bosnia Edin Dzeko turut mencatatkan namanya di papan skor. Gol pertama Dzeko dicetak pada menit ke-67, kemudian bekas penyerang Wolfsburg itu menutup pesta gol the Citizens pada menit ke-79 usai memanfaatkan assist Jesus Navas. Kemenangan ini mengantarkan City ke babak keempat Piala FA musim ini dan bakal berhadapan dengan kontestan Divisi Championship, Watford.

Kemenangan ini juga menandai torehan apik juara Liga Primer Inggris musim 2011/2012 tersebut. Secara keseluruhan, 99 gol dari 33 penampilan mereka di semua ajang memiliki arti rata-rata gol City mencapai empat gol dalam satu pertandingan. Catatan apik terutama terjadi di 16 laga kandang dengan total koleksi 64 gol.

Meski mengaku terkejut dengan torehan itu, pelatih City Manuel Pellegrini lebih menekankan pentingnya mempertahankan gaya permainan menyerang ketimbang jumlah torehan gol. “Ini torehan yang penting. Saya ingin fans datang kemari dan tahu, kami akan bermain menyerang dan mencetak gol sebanyak mungkin,” kata Pellegrini, dikutip the Guardian, Kamis (16/1).

Kemenangan ini juga semakin kian peluang City untuk bisa meraih empat trofi pada musim ini. Target City untuk meraih empat trofi ini bahkan didukung oleh pelatih Blackburn Rovers Gary Bowyer. Menurutnya, dari laga di Stadion Etihad, City telah menunjukkan memiliki kualitas untuk bisa melampaui target itu. “Banyak orang berbicara soal peluang City meraih empat trofi. Dengan pemain kelas dunia yang mereka miliki, anggapan itu tidak berlebihan,” ujar Bowyer, dilansir Manchester Evening News. n reja irfa widodo ed: andri saubani

Fakta Angka

0,49 - Dalam laga melawan Blackburn, Sergio Aguero hanya butuh waktu 49 detik sejak menginjakkan kaki di lapangan sampai akhirnya mencetak gol.

6 - Manchester City mencetak lima gol dari enam tembakan mengarah ke gawang Blackburn.

7 - Edin Dzeko telah mencetak tujuh gol dalam sembilan laga terakhirnya untuk Manchester City.

16 - Alvaro Negredo kini telah mengoleksi 16 gol dari 12 laga terakhirnya di Stadion Etihad.

45 - Dari 10 laga kandang sejak November 2013, Manchester City telah mencetak 45 gol.

99 - Manchester City secara total telah mencetak 99 gol di semua level kompetisi pada musim ini.

Sumber: Opta Sports

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement