Senin 10 Mar 2014 12:07 WIB

Tokoh Muda Melejit

Red: Maman Sudiaman
Survei bursa capres 2014
Foto: Antara
Survei bursa capres 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilih pemula dalam Pemilu 2014 berharap pada tokoh-tokoh baru untuk menjadi pemimpin nasional. Pemilih pemula menjadi salah satu kelompok yang berpengaruh signifikan dalam setiap pemilu. Oleh karenanya, arah dukungan pemilih pemula selalu menjadi perhatian

"Para pemilih muda itu diasumsikan lebih memilih calon pemimpin dari tokoh muda itu sehingga mereka dimintai pandangannya atas sejumlah tokoh muda yang disebut-sebut berpotensi memimpin bangsa ini," kata Direktur Eksekutif Political Communication (Polcomm) Insitute, Heri Budianto, di Jakarta, Ahad (9/3).

Hasil survei lembaga itu menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai tokoh muda potensial menjadi calon presiden (capres). Sedangkan, tokoh muda potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) adalah Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso. Responden dalam survei itu adalah pemilih pemula.

Dari survei itu terungkap, Jokowi dipilih oleh 22,9 persen responden untuk menjadi presiden, sedangkan Priyo menempati urutan kedua dengan perolehan sebesar 16,3 persen. Nama tokoh lain yang terjaring dalam survei itu adalah Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa yang mendapatkan 10,1 persen suara responden.