Kamis 19 Jun 2014 14:00 WIB

Perkuat Pertanian

Red:

Kedua kandidat sudah memiliki program untuk memperkuat pertanian. Program tersebut kerap diungkapkan ketika berkampanye di daerah. Pada Rabu (18/6) calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo, mengungkapkan keinginannya untuk membangun rel ganda di semua jalur.

Rel ganda bakal berperan memperkuat pertanian. Menurut Jokowi, rel ganda akan memastikan jalur distribusi lancar. Artinya, kereta tidak hanya mengangkut penumpang, tapi juga bahan pangan, termasuk hasil pertanian.

Pada kampanye di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/6), calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto, juga sempat menyinggung penguatan pertanian. Penguatan pertanian diperlukan karena bahan pangan merupakan kebutuhan utama masyarakat.

PRABOWO-HATTA

"Yang terakhir, tahu apa orang Indonesia Timur makannya banyak sekali, betul? Betul? Betul? Makannya banyak. Makanya, pemimpin-pemimpin Indonesia harus mengurus pertanian supaya rakyatnya cukup makan," ujar Prabow di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (18/6).

"Sangat-sangat penting bagi setiap warga negara, setiap rakyat Indonesia untuk tidak ragu-ragu menggunakan hak kekuasaan yang ada di tangan rakyat. Hanya beberapa menit dalam lima tahun Saudara akan punya kekuasaan satu orang satu suara yang sama di seluruh Indonesia," kata Prabowo saat berorasi di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/6).

"Marzuki Alie sudah bersama-sama kita, berarti Demokrat sudah bersama-sama kita secara tidak langsung," ujar Hatta dalam kampanye akbar di Sport Hall, Kompleks Olahraga Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (17/6).

"Kita harus kuat dan mandiri di bidang pangan, energy, dan ketahanan bangsa," ujar Hatta di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (17/6).

***

JOKOWI-JK

"Saya kira, tidak ada yang perlu dipertentangkan lagi soal kartu sehat. Kartu itu sistem. Sistem ini yang mau kita bangun," ujar Jokowi menanggapi pernyataan juru bicara Prabowo-Hatta, Nurul Arifin, bahwa Kartu Indonesia Sehat (KIS) menyontek Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sudah berjalan, Rabu (18/6).

"Rel ganda itu menyangkut distribusi barang untuk pengangkutan batu bara, pengangkutan produk petani. Jadi, tidak hanya penumpang," ujar Jokowi ketika menyatakan akan membangun rel ganda kereta di semua jalur, Rabu (18/6).

"Saya di sini juga punya kedekatan sebagai orang NU," kata JK ketika menjelaskan dia tidak khawatir dengan popularitas Mahfud MD usai mengunjungi pemilik pondok pesantren Nurul Kholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (18/6).

"Ini sangat berbahaya karena menyangkut persoalan fitnah. Kondisi ini bisa menyababkan perkelahian nantinya," kata JK menanggapi upaya kampanye hitam ketika berkunjung ke Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (18/6).

rep:irfan fitrat/muhammad iqbal/halimatus sa'diyah/andi mohammad ikhbal ed: ratna puspita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement