Senin 30 Jun 2014 13:00 WIB

Taufik Kurniawan, Wakil Ketua Tim Sukses Prabowo Subianto-Hatta Rajasa: Ilmuwan di Luar Negeri Dipanggil

Red:

Bagaimana visi Prabowo-Hatta dalam rangka menyiapkan SDM menghadapi MEA?

Pak Prabowo dan Pak Hatta menyadari Indonesia sudah harus merajai ASEAN. Bahkan, dalam moto kami, Indonesia harus kembali menjadi macan Asia. Kami semua sudah merencanakan Indonesia akan lebih maksimal masuk dalam pasar global. Target kita tidak hanya ASEAN, tapi Asia secara umum

Bagaimana caranya?

Pengembangan Iptek menjadi kunci semua ini. Pengembangan sains akan beriringan dengan pengembangan sumber daya manusia sehingga menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Tidak hanya itu, kualitas SDM juga akan meningkat. Sains tidak mungkin berkembang jika tidak didukung SDM yang kuat.

Selain itu, hal ini juga akan merembet kepada peningkatan perekonomian. Produk dari pengembangan sains akan menjadi komoditi baru yang dilirik dunia internasional. Ini akan menjadi kekuatan perekonomian baru.

Bagaimana bisa semua itu diwujudkan?

Pak Hatta itu mantan menristek dan juga mantan kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Beliau memiliki jaringan dan pemahaman tentang pengembangan teknologi terapan tepat guna. Teknologi seperti ini sangat ditunggu-tunggu pengembangannya. Teknologi ini salah satunya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan infrastruktur transportasi. Nantinya, transportasi di Indonesia akan berkembang sehingga masyarakat akan semakin nyaman mengendarai transportasi umum yang berkualitas.

Dalam bidang SDM?

Seperti yang saya katakan, pengembangan teknologi akan membutuhkan tenaga ahli yang tidak sedikit. Tentunya ini akan berkonsekuensi kepada penyerapan tenaga kerja. Kita akan melibatkan ahli-ahli yang sangat bermanfat untuk mengembangkan bangsa ini. Selain itu, kami berkomitmen untuk mengajak ilmuwan kita yang ada di luar negeri untuk kembali ke Indonesia. Keahlian dan keilmuan mereka sangat dibutuhkan untuk pengembangan negeri ini. rep:erdy nasrul ed: eh ismail

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement