Sabtu 31 Oct 2015 19:28 WIB

Roma Semakin Kokoh, Juventus Terpuruk

Red: operator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Menginjak pekan ke-10, tidak ada perubahan siginifikan di papan atas klasemen sementara Seri A Italia. Hal ini disebabkan tiga tim papan atas masing- masing meraih hasil positif. AS Roma masih kokoh di puncak klasemen sementara, diikuti oleh Napoli dan Fiorentina. Sementara, kejutan kembali terjadi di papan tengah di mana juara bertahan Seri A, Juventus, kembali tumbang saat melawat ke markas Sassuolo, Kamis (29/10) dini hari WIB.

Roma memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara setelah mengalahkan tamunya, Udinese, dengan skor 3-1. Dengan tambahan tiga poin, I Lupi sudah mengoleksi 23 poin. Mereka unggul dua angka dari pesaing terdekatnya, Napoli, yang juga meraih ke menangan 2-0 atas Palermo. Sementara, jua ra bertahan Juventus kembali tersungkur setelah mereka dikalahkan tim gurem Sassuolo dengan skor tipis 0-1.

Bermain di Stadion Olimpico, I lupi tampil dominan. Mereka menguasai jalannya pertandingan dengan melepaskan 19 tembakan dengan delapan tepat sasaran. Sementara, Udinese hanya melesakkan enam kali percobaan dan hanya dua yang mengarah ke gawang. Bahkan, Roma sudah unggul sejak menit kelima melalui Miralem Pjanic.

Lima menit kemudian, pemain gaek Maicon ikut menyumbangkan satu gol. Pada pertengah an babak kedua, mantan penyerang Ar senal, Gervinho, juga turut mencatatkan na - manya di papan skor. Namun, tim tamu ber hasil memperkecil ketertinggalan menjadi 3- 1 pada menit-menit akhir babak kedua lewat penyerang asal Prancis, Cyril Thereau.

Pelatih Roma Rudi Garcia menilai, keberhasilan timya meraih kemenangan demi kemenangan lebih disebabkan para pemainnya mampu bermain taktis sehingga dia tidak perlu mengubah formasi untuk mencari kemenangan. Dia juga berharap pemain-pemain Roma lainnya berlatih keras agar selalu mengamankan poin penuh pada laga-laga berikutnya.

"Saya menurunkan tim yang bisa mengu - bah formasi, tapi itu tidak perlu karena mereka bermain taktis dengan baik," ujar Garcia, seperti dikutip dari Football Italia, Kamis (29/10).

Sementara itu, Napoli dan Fiorentina berhasil menguntit I Lupi usai mengalahkan lawannya masing-masing pada pekan ke-10. Saat ini, Napoli berada di posisi kedua dengan koleksi nilai 21, sementara Fiorentina berada tepat di bawahnya dengan nilai yang sama.

Hasil yang sama juga diraih oleh Inter Milan yang duduk di peringkat empat. Bermain sehari lebih awal dari tim-tim lainnya, Inter sempat memuncaki klasemen usai mengalahkan Bologna 1-0 sebelum digeser lagi oleh Francesco Totti dan kawan-kawan.

Pada pertandingan yang berlangsung di San Paolo, Napoli menang atas Palermo berkat dua gol yang dicetak masing-masing oleh Gonzalo Higuain pada menit ke-39 dan Dries Mertens pada menit ke-80. Skor yang sama juga diraih oleh Fiorentina. Bertandang ke Stadion Stadio Marc'Antonio Bentegodi, markas Chievo, La Viola sudah unggul sejak menit ke-25 melalui gol bunuh diri Rafael Marquez. Skuat Paulo Sousa kemudian menggandakan keunggulan pada menit awal paruh kedua lewat aksi bomberasal Kroasia, Nikola Kalinic. Kemenangan dua gol tanpa balas cukup membawa La Viola membuntuti Roma dan Napoli.

Sementara, juara bertahan Juventus justru tersandung. Setelah menang 2-0 di giornata kesembilan melawan Atalanta, kini mereka kembali gagal meraih hasil positif usai ditakluk - kan tuan rumah Sassuolo dengan skor 0-1.

Dalam laga tersebut, Juventus juga harus kehilangan satu pemainnya setelah Giorgio Chiellini diusir wasit sejak pertengahan babak pertama. Gol semata wayang tuan rumah dicetak melalui tendangan bebas Nicola Sansone pada menit ke-20.

Arsitek Juventus Massimiliano Allegri menyatakan, orang yang paling pertama bertanggung jawab atas kekalahan Juventus pada giorrnatake-10 adalah dirinya.

Menurutnya, Juventus harus bisa keluar dari periode buruk tersebut. Dia pun berjanji akan membawa timnya tampil lebih baik lagi pada pertandingan-pertandingan selanjutnya. Apalagi, Juve memiliki materi pemain yang berkualitas untuk bisa memenangi laga pada partai-partai berikutnya.

Dengan hasil ini, Juventus masih berkutat di posisi ke12 klasemen sementara Seri A Italia dengan raihan 12 poin. Sedangkan, dengan kemenangan tersebut, Sassuolo berhasil masuk zona lima besar pada klasemen sementara. Dari 10 laga yang dijalani, mereka berhasil mengoleksi 18 poin atau hanya selisih lima angka dari pemuncak klasemen sementara, Roma. rep: Ali Mansur ed: Fernan Rahadi

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement