Mengecek ketersediaan pasokan listrik menjadi kebutuhan pelanggan PLN. PT XL Axiata mengerti keinginan penggunanya dengan meluncurkan Layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah sebagai solusi efektif layanan via jaringan seluler.
Solusi inovatif ini merupakan keberhasilan dari sinergi XL dengan PLN dan PT Sistem Mikro Elektronik Cerdas Co-Design (SMC). Layanan Listrik Pintar ini dikembangkan guna meningkatkan pengalaman serta memberi tambahan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pengisian ulang token listrik.
Peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, Direktur Utama PLN Nur Pamudji, dan Direktur Utama PT SMC Burhanuddin Razak di Jakarta, pekan lalu. "Melalui kerja sama ini, XL menjadi operator telekomunikasi pertama yang meluncurkan Layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah dari PLN," ungkap Hasnul Suhaimi.
Pelanggan XL pun dapat dengan mudah mengisi ulang token listrik melalui ponsel serta menguatkan bisnis XL M2M di pasar korporasi. Layanan Listrik Pintar Dua Arah ini dikembangkan berdasarkan pengalaman pelanggan listrik yang sering menemui kesulitan saat melakukan pengisian token listrik.
Berorientasi pada kebutuhan pelanggan listrik akan sistem yang andal dan otomatis, layanan ini memiliki fitur beragam. Antara lain, fitur notifikasi low credit untuk informasi sisa kuota listrik minimal, fitur pengisian token otomatis tanpa melakukan key in kode token di meter listrik, dan fitur notifikasi kondisi meteran listrik jika terjadi pencurian.
Layanan ini baru dapat dinikmati pelanggan listrik prabayar dengan daya 2200 VA ke atas. Ke depannya, XL dan PLN berencana memperluasnya agar seluruh pelanggan yang berjumlah sekitar 55 juta dapat dengan mudah mengisi ulang token meter listrik. rep:indah wulandari ed:khoirul azwar