Sebanyak 84 persen insiden layanan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) disebabkan oleh kesalahan manusia, kegagalan telekomunikasi, dan masalah lingkungan. Hal itu terungkap dari hasil riset jaringan teknologi informasi yang dilakukan Dimension Data berjudul Network Barometer Report 2014.
Dengan kata lain, gangguan layanan TIK minim berkaitan dengan masalah perangkat. Hanya 16 persen dari 91 ribu insiden layanan IT yang menjadi klien Dimension Data, yang terkait dengan perangkat.
Selain itu, pihaknya juga melakukan 288 pengujian teknologi pada 74 ribu perangkat dalam organisasi. Organisasi yang diuji dari berbagai ukuran dan berbagai sektor industri di 32 negara. "Statistik ini mengkhawatirkan karena sebagian besar insiden berada di luar kendali penyedia layanan dan harus diselesaikan oleh organisasi itu sendiri," kata Presiden Direktur Dimension Data Indonesia Yudi Hamka.
Kategori penyebab terbesar dari insiden layanan TI adalah karena kesalahan manusia. Besarnya hampir sepertiga dari jumlah insiden. Perincian kesalahan konfigurasi 6 persen, ditambah 26 persen kesalahan manusia lainnya yang berpotensi untuk dihindari.
Sementara, kegagalan karena faktor telekomunikasi atau wide area network (WAN) adalah yang terbesar kedua, yaitu 22 persen. Kasus ini, kata Yudi, sudah diperkirakan sebelumnya lantaran kompleksitas pemeliharaan dan pengelolaan. Pasalnya, berbagai komponen berbeda berada di jaringan telekomunikasi yang terpisah secara geografis.
Faktor ketiga adalah masalah lingkungan fisik, seperti kehilangan daya, kerusakan AC, dan masalah pengendalian suhu. "Besarannya 15 persen dari seluruh insiden," katanya. rep:c69 ed:khoirul azwar