Senin 04 Apr 2011 19:57 WIB

Mufti Rusia Belajar Agama Islam di Yogyakarta

Red: Krisman Purwoko
Pondok Pesantren Krapyak
Foto: pikal-hidayatlasem.blogspot.com
Pondok Pesantren Krapyak

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Mufti Rusia berkunjung ke Yogyakarta untuk belajar agama Islam, karena mereka menilai di kota ini kehidupan bermasyarakat dan toleransi antarumat beragama cukup baik. "Selama di Yogyakarta kami akan berkunjung ke pusat-pusat pendidikan agama Islam seperti Pondok Pesantren Krapyak dan Kotagede," kata pimpinan rombongan Mufti Rusia Rushan Hazrat Abbiyasov di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia saat bertemu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, para ulama besar dan tokoh Islam Rusia tertarik berkunjung ke Yogyakarta, karena kehidupan antarumat beragama tampak harmonis. Sultan mengatakan pihaknya menyambut baik atas kunjungan Mufti Rusia dan berharap bisa menjadi titik awal kerja sama antara umat Islam Indonesia umumnya dan umat Islam Yogyakarta pada khususnya dengan umat Islam Rusia.

"Umat Islam harus bisa menjaga tiga hal dalam kehidupannya, yakni menjaga hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia, dan keadilan dalam menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinanya," katanya.

Menurut dia, jika tiga hal itu dijaga dan saling menghormati, maka perdamaian akan tercipta dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam menjalankan ibadah, kata dia umat Islam khususnya di Yogyakarta sangat menjaga kebersamaan dan toleransi dengan agama lain, sehingga hidup berdampingan dengan umat lain secara damai.

Mufti Rusia yang bertemu Sultan antara lain Damir Hazrat Mukhetdinov, Arslan Hazrat Sadriev, Magomed-Emin Usmanov, dan Ildar Nurimanov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement