Ahad 29 May 2011 12:43 WIB

Bin Hammam Mundur dari Pencalonan Ketua FIFA

Red: Djibril Muhammad
Mohamed Bin Hammam
Foto: AP/Wong Maye-E
Mohamed Bin Hammam

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Mohamed bin Hammam menarik diri dari rencana menyaingi Ketua FIFA Sepp Blatter pada pemilihan ketua periode mendatang, hanya beberapa jam sebelum ia dihadapkan pada Komite Etik atas tuduhan adanya penyuapan, Ahad (29/5). Bin Hammam (61) yang sebelumnya melancarkan isu antikorupsi dan bersaing ketat dengan saling mengeluarkan pernyataan keras dengan Blatter, mengatakan dalam blognya bahwa ia mundur demi teguhnya reputasi FIFA.

"Saya mengambil keputusan pencalonan menjadi katua FIFA karena ingin komit melakukan perubahan di FIFA," katanya. "Tetapi beberapa hal belakangan ini membuat hati saya luka dan kecewa-- pada level profesional dan pribadi," kata bin Hammam, yang saat ini menjabat ketua Konfederasi Sepak Bola Asia.

"Dengan alasan inilah saya umumkan mundur dari rencana mengikuti pemilihan ketua," katanya. Tokoh sepak bola dari Qatar itu menambahkan, ia tidak ingin keputusannya itu dikaitkan dengan pemeriksaan Komite Etik FIFA dan ia berjanji akan tampil di depan komisi itu untuk membersihkan namanya dari "tuduhan tidak beralasan" yang menerpa dirinya itu.

Pernyataan Bin Hammam itu merupakan hal dramatis dalam kancah pertaruangan posisi menjadi orang pertama di organisasi badan sepak bola dunia itu, padahal selama ini ia pun menuduh lawannya yang berusia 75 tahun, Blatter, melakukan korupsi.