Sabtu 11 Jun 2011 19:06 WIB

Kemendiknas Kucurkan Rp 17,2 MIliar untuk Rehabilitasi Sekolah Korban Merapi

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memberi bantuan rehabilitasi sekolah yang terkena dampak erupsi Merapi dan bajir lahar dingin di empat kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) senilai Rp17,2 miliar.

"Bantuan tersebut diberikan kepada untuk 156 sekolah SD dan SMP di Magelang, Klaten dan Boyolali di Provinsi Jawa Tengah serta di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Dirjen Pendidikan Dasar Kemetrian Pendidikan Nasional, Suyanto, saat menyampaikan bantuan tersebut di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, jumlah sekolah yang paling banyak mendapat bantuan adalah di Kabupaten Magelang yakni mencapai 45 Sekolah Dasar dan tujuh SMP dengan nilai bantuan mencapai Rp 5,4 miliar.

" Sekolah-sekolah di Magelang banyak yang mengalami kerusakan terutama akibat luapan banjir lahar dingin," katanya.

Untuk Kabupaten Sleman mendapatkan bantuan senilai Rp4,5 miliar yang diperuntukkan bagi 28 SD dan lima SMP.

Boyolali Rp 4,3 miliar bagi rehabilitasi 36 SD dan lima SMP serta Klaten mendapat Rp2,9 miliar untuk 25 SD dan lima SMP. "Mudah-mudahan bantuan digunakan sebaik mungkin, swakelola dilaksanakan semaksimal mungkin," katanya.

Suyanto mengatakan, pascaerupsi Merapi 2010 juga telah diberikan bantuan sebesar Rp3,9 miliar untuk tanggap darurat seperti pembersihan material yang menutup sejumlah sekolah sebesar Rp585 juta, pendirian sekolah tanggap darurat erupsi Merapi Rp 545 juta dan rehabilitasi reguler Rp 2,8 miliar.

"Dana untuk tanggap bencana yang dianggarkan Kemendiknas masih tersedia Rp100 miliar, namun dana tersebut digunakan untuk bencana di seluruh Indonesia," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Suyamsih mengatakan dari 33 sekolah di Sleman, masing-masing tidak memperoleh bantuan yang sama.

"Nilai bantuan ini akan ditentukan sesuai kerusakan dan paket bantuan. Untuk SD satu paket senilai Rp 80 juta dan SMP satu paket Rp 90 juta. Perolehan paket ditentukan sesuai kerusakan sekolah," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الْمَلَاِ مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ مِنْۢ بَعْدِ مُوْسٰىۘ اِذْ قَالُوْا لِنَبِيٍّ لَّهُمُ ابْعَثْ لَنَا مَلِكًا نُّقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ قَالَ هَلْ عَسَيْتُمْ اِنْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ اَلَّا تُقَاتِلُوْا ۗ قَالُوْا وَمَا لَنَآ اَلَّا نُقَاتِلَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَقَدْاُخْرِجْنَا مِنْ دِيَارِنَا وَاَبْنَاۤىِٕنَا ۗ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ تَوَلَّوْا اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢبِالظّٰلِمِيْنَ
Tidakkah kamu perhatikan para pemuka Bani Israil setelah Musa wafat, ketika mereka berkata kepada seorang nabi mereka, “Angkatlah seorang raja untuk kami, niscaya kami berperang di jalan Allah.” Nabi mereka menjawab, “Jangan-jangan jika diwajibkan atasmu berperang, kamu tidak akan berperang juga?” Mereka menjawab, “Mengapa kami tidak akan berperang di jalan Allah, sedangkan kami telah diusir dari kampung halaman kami dan (dipisahkan dari) anak-anak kami?” Tetapi ketika perang itu diwajibkan atas mereka, mereka berpaling, kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 246)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement