Kamis 23 Jun 2011 13:05 WIB

Menlu: Arab Saudi Juga Bermasalah dengan Negara Lain

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Djibril Muhammad
Marty Natalegawa
Foto: AP/Dita Alangkara
Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menilai Arab Saudi tidak hanya bermasalah dengan Indonesia terkait persoalan tenaga kerja. Mereka juga pernah bermasalah dengan negara-negara lain seperti India, Nigeria dan Srilangka.

Dalam laporan Internasional, Arab Saudi tertutup dalam pemberitahuan jadwal persidangan tenaga kerja negara lain yang bermasalah dengan hukum. Akses pengacara pun diberikan sangat terbatas. "Dalam konteks inilah kita bekerja termasuk dalam menangani kasus Almarhumah (Ruyati bin Satubi)," jelasnya, saat memberikan keterangan pers di kantor presiden, Kamis (23/6).

Menurut Marty sejak awal Konsulat Jenderal Republik Indonesia sudah melakukan pendampingan untuk memastikan hak-hak beliau (Ruyati) sebagai tersangka dipenuhi. Proses hukum dan kondisi Almarhumah sendiri sudah dijelaskan kepada pihak keluarga sejak masalah ini terjadi Februari 2010 silam.

"Lalu ada kabar 18 Juni lalu eksekusi oleh pemerintah Saudi. Pemerintah Indonesia tentu mengecam Arab Saudi karena mereka bertentangan dengan ketentuan internasional. Mereka melaksanakan hukum tanpa memberitahukan terlebih dahulu," paparnya.