Rabu 13 Jul 2011 13:56 WIB

Indonesia Tampilkan Modifikasi Tari Saman di Festival Internasional Musik Sufi

Rep: C19/ Red: Johar Arif
Tari Saman
Foto: en.wikipedia.org
Tari Saman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia akan menampilkan tari saman dari Aceh dalam Festival Internasional Musik Sufi pada 17-21 Juli mendatang. Acara tersebut digelar di tiga tempat, yakni Taman Ismail Marzuki, UIN Syarif Hidayatullah, dan TVRI. Dipilihnya TIM karena ingin memulihkan citranya sebagai tempat dihelatnya seni leluhur bangsa.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Nasaruddin Umar, mengatakan tari saman mengandung simbol-simbol gerakan pemujaan terhadap keaguangan Allah. Namun, nanti tari saman akan di kompilasi dengan tari daerah dari Jawa dan Ambon yang mengandung unsur sufistik.

Dengan begitu, kata dia, kesenian daerah yang beragam dari berbagai Indonesia dapat ditampilkan dengan penuh kesyahduan. “Kami ingin buktikan, seni itu berperan dalam proses pengislaman di Nusantara. Karena cara dakwah melalui kesenian itu dilakukan di semua negara,” jelas Nasaruddin, Rabu (13/7).

Nasaruddin menjelaskan, peserta dari Pakistan akan menampilkan musik sufi yang dipengaruhi unsur Hindu dan Budha yang mengandung nilai-nilai keislaman. Begitu juga tarian dari Iran, yang diliputi budaya Persia berunsur ritus spiritual tingkat tinggi.

Apalagi dari Turki tempat lahirnya tarian sufistik whirling dervishes yang diciptakan Jalaludin Rumi. Adapun, untuk Maroko dan Mesir memiliki kemiripan tarian tradisional dengan budaya Indonesia.

Menurut Nasaruddin, tarian sufistik itu dapat membentuk budi pekerti umat. Pihaknya ingin generasi muda Islam bangga dengan kesenian religius tradisionalnya. Apalagi di Eropa dan AS muncul gejala di kalangan masyarakat Muslim lagi gandrung kesenian religius yang mengajarkan ketinggian moral dan spiritual itu.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Euis Sri Mulyani menjelaskan, setiap peserta bisa menunjukkan kedalaman simbol tarian religius. Diharapkan penonton tidak hanya melihat gerakan atau hal yang tampak, Melainkan, melihat kedalaman simbolisasi dari spiritualitas dari makna sufistik tarisan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement