Senin 25 Jul 2011 12:06 WIB

Suguhkan Tarian, Mahasiswa UI Pikat Masyarakat AS

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam kelompok tari dan musik tradisional Indonesia "Kencana Pradipa" memukau masyarakat Amerika Serikat (AS) di Houston, Texas, pada 20-24 Juli 2011. Kehadiran mereka di Houston adalah dalam rangka perayaan HUT ke 66 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan Konsulat Jenderal RI di Houston, demikian Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houston Al Busyra Basnur mengatakan dalam pernyataan pers, Senin (25/7).

"Kencana Pradipa" mendapat sambutan yang sangat meriah sejak penampilan pertama diselenggarakan di Wisma Indonesia tanggal 20 Juli 2011, dihadapan pengusaha AS dan pemerintah kota Houston yang mengikuti Bisnis Forum yang diselenggarakan oleh KJRI Houston. Penampilan kedua 21 Juli 2011, khusus bagi masyarakat Indonesia di Houston dan sekitarnya.

Lebih dari 200 penonton memadati ruang Auditorium KJRI Houston tempat pelaksanaan pertunjukan. Pada acara ini jelas terlihat masyarakat Indonesia sangat haus dan rindu kepada kesenian tradisional Indonesia. Melihat antusiasme yang sangat tinggi itu, seusai pertunjukan, Konjen Al Busyra Basnur, secara spontan langsung memandu acara interaktif antara masyarakat dengan penari dan pemain musik itu.

Berbagai ucapan penghargaan dan kekaguman serta pertanyaan disampaikan masyarakat kepada mahasiswa UI itu. Masyarakat Indonesia di Houston sangat senang menyaksikan pertunjukan seni tari itu, dan merasa bangga kebudayaan Indonesia terus dilestarikan dan dipromosikan oleh generasi muda Indonesia sendiri di luar negeri.