Rabu 27 Jul 2011 06:45 WIB

Baku Tembak di Penjara Meksiko, 17 Tewas

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,CIUDAD JUAREZ--Sebanyak 17 orang tewas akibat bakutembak di sebuah penjara di Ciudad Juarez, kota paling keras di Meksiko. Seorang juru bicara kantor walikota kota itu Selasa mengatakan, sejumlah tawanan masuk ke dua paviliun yang memuat 13 tawanan yang lain pada Senin malam, dan bentrokan dimulai. Enambelas pria dan satu wanita tewas dalam kekerasan yang terjadi.

Kota di perbatasan dengan Texas di Amerika Serikat itu telah diguncang oleh perang brutal antara kartel Juarez dan kartel Sinaloa yang berpengaruh, yang dipimpin oleh bos narkoba paling dicari di Meksiko, Joaquin "Shorty" Guzman.

Lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam pembunuhan terkait dengan obat bius sejak Presiden Meksiko Felipe Calderon mengirim tentara untuk menghancurkan kartel-kartel tak lama setelah berkuasa pada akhir 2006. Kira-kira seperempat dari kematian itu terjadi di Jiudad Juarez.

Keamanan juga telah menjadi masalah serius dalam penjara, yang cenderung menimbulkan kekerasan dan pelarian. Awal bulan ini, 59 tawanan kabur dari penjara dan tujuh orang lagi tewas di Nuevo Laredo, sebuah kota di Meksiko timurlaut yang juga dekat perbatasan Texas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement