Selasa 06 Sep 2011 14:00 WIB

2.600 Personel Amankan Stadion GBK

Rep: C08/ Red: Johar Arif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Untuk pengamanan pertandingan kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014 antara Indonesia melawan Bahrain di Stadion Gelora Bung Karno malam nanti, dikerahkan sekitar 2.600 personel pengamanan gabungan. Polda Metro Jaya sendiri mengerahkan sekitar 2.100 personel gabungan, termasuk jajaran Polres dan Polsek. Sementara 500 personel gabungan lainnya, terdiri dari personel Polri dan TNI.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Baharudin Djafar, mengatakan, petugas pengamanan akan melakukan pemeriksaan di setiap pintu masuk menuju Stadion Gelora Bung Karno. Di sana, katanya, petugas akan menyasar barang-barang yang dapat mengganggu jalan pertandingan dan dapat membahayakan.

Menurut Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, personel pengamanan akan disebar di sekitar stadion. Selain di dalam stadion, menurutnya, personel gabungan akan mengamankan di luar lingkungan stadion, gerbang masuk dan lokasi tiket, dan di mana ada kerumunan orang. Selain pengamanan, menurutnya, petugas juga akan melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar stadion.

Selain menyiapakan personel pengamanan, menurut Sujarno, akan dikerahkan juga sejumlah kendaraan taktis barracuda dan water cannon. Tidak hanya kendaraan taktis, di lokasi juga akan disiagakan ambulance dan mobil pemadam kebakaran.