Selasa 20 Sep 2011 13:22 WIB

Jakarta Sudah Hujan, 87 Zona Mundur Musim Hujannya

Rep: C07/ Red: Didi Purwadi
Hujan. Ilustrasi
Foto: .
Hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Jakarta Selasa (20/9) siang ini kembali diguyur hujan. Namun, awal musim hujan pada 87 zona musim (ZOM) lainnya di Indonesia diperkirakan mundur.

Persentasenya 25,4 persen dari total 324 zona. Wilayah yang musim hujannya mundur antara lain Jawa (34 zona), Sumatera (24), Sulawesi (9), NTT (6), Kalimantan (5), Papua (4), NTB (3), dan Bali (2).

Sembilan zona di Sulawesi misalnya, musim hujan baru mulai pada Maret, April, dan Mei 2012. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam rilisnya juga menyebutkan mulai 2015 nanti akan ada perubahan pola musim kemarau yang drastis.

Kemarau yang lebih kering akan terjadi pada sebagian besar daerah-daerah di Pulau Jawa, khususnya di bagian selatan. Akan ada pengurangan curah hujan 10–20 persen. BMKG memerkirakan kondisi tersebut akan terus bertahan hingga 2039.

Terkait hal ini, pemerintah dirasa perlu mengantisipasi manajemen penanggulangan krisis air ke depannya, khususnya untuk pengairan pertanian. Pasalnya, BMKG memroyeksikan tujuh waduk besar di Pulau Jawa bakal mengalami krisis air yang cukup parah. Diantaranya Waduk Saguling, Cileunca, Cipanunjang, Situ Bagendit, Rawa Pening, Selorejo, dan Sengguru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement