Jumat 14 Oct 2011 07:30 WIB

Presiden Jerman Dijadwalkan berkunjung ke Indonesia

Christian Wulff
Foto: 2
Christian Wulff

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang akan dikunjungi Presiden Republik Federal Jerman, Dr Christian Wulff, yang dijadwalkan pada akhir tahun 2011. Bagi Jerman, Indonesia dinilai sebagai negara paling besar di ASEAN, dengan perkembangan pesat di bidang demokrasi, pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta memiliki peranan yang sangat besar di kawasan, ujar Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake, dalam keterangannyadi London, Jumat.

Ayodhia Kalake menjelaskan pembahasan rencana kunjungan Presiden Jerman Christian Wulff tersebut merupakan salah satu agenda pembicaraan dalam Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI-Jerman ke-2 di Berlin baru baru ini.

Forum yang diselenggarakan secara reguler setahun sekali ini

merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan bilateral Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada saat kunjungan Yudhoyono ke Jerman bulan Desember 2009. Forum yang pertama di selenggarakan di Jakarta Mei 2010.

 

Delegasi RI pada pertemuan ini diketuai Dirjen Amerop Kemlu, Duta Besar Retno LP Marsudi, dengan didampingi Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman. Sedangkan delegasi Jerman diketuai Direktur Jenderal Urusan Asia Pasifik Kemlu Jerman, Duta Besar Cyrill J Nunn.

Dalam pertemuan itu, kedua delegasi membahas hal-hal yang akan dapat dihasilkan dalam kunjungan Presiden Jerman ke Indonesia antara lain rencana pembentukan Indonesia-Germany Advisory Group, kerja sama di bidang pendidikan dan kerja sama dalam konteks dialog keagamaan.

Selain membahas rencana kunjungan Pesiden Jerman ke Indonesia, FKB juga membahas upaya peningkatan kerja sama bilateral lainnya di bidang politik, ekonomi, sosial-budaya dan kekonsuleran. Isu-isu regional terkait dengan kerja sama Indonesia-Uni Eropa juga menjadi pembahasan dalam forum tersebut.

Pada tahun 2012, Indonesia dan Jerman akan memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara. Untuk itu, kunjungan Presiden Wulff juga akan digunakan sebagai simbol untuk menandai peringatan hubungan diplomatik ke-60 tahun kedua negara.

Jerman merupakan salah satu mitra dagang utama RI di Eropa. Volume perdagangan bilateral pada tahun 2010 berjumlah 5,99 miliar dolar AS atau meningkat sebesar 27 persen dibanding total nilai perdagangan tahun 2009 sebesar 4,70 miliar dolar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement