Ahad 16 Oct 2011 10:01 WIB

LAZIS Tebar Kurban Daerah Bencana

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Chairul Akhmad
Hewan kurban (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Perayaan Hari Raya Idul Kurban segera tiba. LAZIS (Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh) Jateng, Cabang Solo, meluncurkan program sosial kemanusiaan bertajuk 'Tebar Hewan Kurban di Daerah Bencana dan Minus Kurban'.

LAZIS memberanikan diri mengelola amanah umat untuk menyalurkan kurban para muqorib (pekurban). ''Kepercayaan pekurban yang budiman kepada kami merupakan amanah menguatkan kami menapak jalan mardhotillah untuk mensukseskan tebar kurban tahun ini dengan motto 'Menuju Kurban Berkualitas dan Tepat Sasaran','' jelas Eko Sujono, Manajer Program.

Tidak mudah memang menyalurkan kurban berkualitas dan tepat sasaran. Namun, berbekal tekad dan tawakal, ''Insya Allah, tebar kurban memberikan hasil sebagaimana visi dan misi LAZIS Jateng Cabang Solo, sebagai lembaga berorientasi sosial kemanusiaan masyarakat di Indonesia umumnya, dan Solo Raya khususnya," imbuh Eko.

Peluncuran program ini, dilatarbelakangi kejadian bencana erupsi Gunung Merapi 26 Oktober hingga berlanjut November 2010. Bencana erupsi menelan korban jiwa dan harta. Tercatat 242 orang meninggal di wilayah DI Yogyakarta, dan 97 orang di Jateng. Belum lagi kerusakan ratusan rumah, pemukiman dan lahan pertanian yang tak sedikit jumlahnya.

Berawal dari kepedulian dan kejelian melihat besarnya potensi yang dimiliki umat Islam, saat Idul Adha tiba. Sedang saat ini masih banyak yang menyalurkan hewan kurban tidak tepat sasaran, atau hanya berkumpul pada daerah tertentu saja. Ini menginspirasi LAZIS memberanikan diri mengelola amanah umat untuk menyalurkan kurban kepada masyarakat.

Menurut Eko, kegiatan dilaksanakan tiga hari tasyrik, 7 - 9 November, di masing masing dusun rencana lokasi korban. Umat Islam yang ingin berpartisipasi bisa ke kantor LAZIS Jateng Cabang Solo Jalan Apel II No. 30 Jajar Laweyan Surakarta atau layanan jemput donatur, telepone 0271 5882200, 0271 5886660. Juga transfer ke rekening Bank Muamalat Cabang Solo No.0000283911 an. Yayasan Lazis Al Ihsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement