Rabu 19 Oct 2011 15:52 WIB

Mari Elka Tertantang Majukan Sektor Ekonomi Kreatif

Red: Krisman Purwoko
Mari Elka Pangestu
Foto: umm.ac.id
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu merasa tertantang untuk memajukan sektor ekonomi kreatif dan sektor pariwisata di seluruh wilayah Indonesia. "Saya rasa tugas baru saya ini sangat menantang dan saya rasa sesuatu luar biasa kita mempunyai kementerian untuk mengelola dan mengembangkan ekonomi kreatif," katanya ketika ditemui setelah menghadiri acara pelantikan menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

 

Menurut dia, sektor ekonomi kreatif menyumbang sekitar Rp140 triliun terhadap pendapatan negara. Oleh karena itu, dia menganggap sektor ini harus dikelola secara serius. Dia menyatakan, pemerintah telah memiliki rencana dasar atau cetak biru pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa dijadikan dasar serta target kerja kementerian yang dia pimpin.

Mantan menteri perdagangan itu berencana untuk berkomunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu harus dilakukan karena sektor kebudayaan pernah digabung dengan sektor pariwisata di dalam Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Mari Elka juga akan menata organisasi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. "Kemungkinan besar harus ada dirjen ekonomi kreatif," katanya.