Kamis 29 Dec 2011 08:52 WIB

Burung Langka Asia Nyasar Hingga ke Tennessee, AS

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, NASHVILLE - Burung langka Asia, Grus monacha (hooded crane) --yang biasanya cuma terlihat di Asia Tenggara, China dan Jepang, tampaknya "telah salah berbelok" dan telah bergabung dengan bangau sandhill, yang akan melewati musim dingin di Hiwassee Refuge di Tennessee tenggara, Amerika Serikat, kata beberapa ahli mengenai burung.

Kedatangan burung Asia Tenggara itu menarik perhatian banyak pengamat burung yang berminat. "Sangat menarik," kata Melinda Welton, pemimpin Masyarakat Ornitologi Tennessee dan peneliti mengenai burung bermigrasi. "Orang datang dari seluruh penjuru negeri untuk melihat burung ini."

Welton mengatakan pengamat burung setempat Charles Murray telah mencatat kedatangan pengunjung ke kota kecil Birchwood, dekat kamp Tennessee Wildlife Resources Agency (TWRA).

"Ia mencatat lebih dari 700 orang datang dan berkunjung dari seluruh penjuru negeri untuk melihat burung ini," kata wanita pengamat burung tersebut. "Orang telah datang dari 26 negara bagian dan dari dua negara, termasuk Rusia."