Senin 30 Jan 2012 21:53 WIB

Demi 2014, Nasional Republik Akuisisi Partai Nurani Umat

Partai Nasrep dan Tommy Soeharto
Partai Nasrep dan Tommy Soeharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Baru Nasional Republik (Nasrep) yang tidak lolos verfikasi Kementrian Hukum dan HAM mengakuisisi Partai Nurani Umat yang telah berbadan hukum untuk memuluskan jalan mengikuti Pemilu 2014.

Langkah Partai bentukan Hutomo mandala Putra atau Tommy Soeharto ini merupakan yang pertama terjadi dalam sejarah Republik Indonesia.

Namun pengamat poltik Universitas Gadjah Mada Hasrul Hanif meragukan Partai Nasrep mampu meraih suara signifikan pada Pemilu 2014.

"Saya tidak yakin dengan mengusung Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto sebagai calon presiden dan meromantiskan Orde Baru, Partai Nasrep mampu meraih dukungan di akar rumput. Akan amat sulit dalam kondisi saat ini tanpa mesin politik yang mumpuni untuk meraih suara," katanya di Jakarta, Senin (30/1).

Ia menilai, Partai Nasrep hanya mengandalkan nama yang cukup populer. Padahal, nama tersebut belum tentu menjadi pilihan. "Tanpa infrastruktur yang kuat, sulit meraih suara dengan hanya mengandalkan nama," katanya.

Ia menilai, fenomena Partai Demokrat pada 2004 tidak hanya didukung oleh figur Susilo Bambang Yudhoyono saat itu, namun juga didukung oleh infrastruktur partai, terutama mantan politisi Golkar dan juga militer.

"Ini yang seringkali tidak pernah dipikirkan partai-partai baru, bikin partai namun tidak punya infrastruktur yang memadai," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement