Kamis 02 Feb 2012 15:26 WIB

Sindikat Narkoba Internasional Kembali Diungkap

Rep: Asep Wijaya/ Red: Dewi Mardiani
Barang bukti narkoba, ilustrasi
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Barang bukti narkoba, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sindikat peredaran narkoba internasional kembali diungkap. Berkat penelusuran selama dua bulan ke sejumlah jaringan pengedar narkoba, polisi berhasil mengungkap peredaran narkoba yang menjalankan rantai edarnya ke sejumlah negara.

Jenis narkoba yang diedarkan jaringan internasional itu adalah sabu, ekstasi, dan happy five. Polisi juga berhasil menciduk 12 orang tersangka yang terlibat dalam jaringan peredaran tersebut. Barang bukti yang berhasil disita pada pengungkapan itu berupa jenis sabu (55 kilogram), ekstasi (50 ribu butir), dan happy five (30 ribu butir).

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Agung Budi M, menjelaskan, "Sindikat internasional itu menjalankan jaringannya ke negara Iran, Belanda, Malaysia, dan Indonesia," katanya, Kamis (2/2). Dari Operasi Kilat Jaya, polisi berhasil menangkap satu tersangka bernama DN dan menyita 10 kilogram sabu, 20 ribu butir ekstasi, dan 10 ribu butir happy five.

Sejak penangkapan itu, polisi terus menelusuri perkembangan kasus berdasarkan keterangan yang diperoleh dari DN. Hasilnya, polisi kembali menangkap HK di kawasan Ancol menuju Tanjung Priok dan tersita barang bukti sebanyak 20 kilogram sabu, 20 ribu butir ekstasi, dan 10 ribu happy five.