Jumat 24 Feb 2012 17:01 WIB

Politisi Muda Berpotensi Lebih Populer

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dalam beberapa survey beberapa nama lama, yang sebelumnya pernah mencalonkan diri menjadi presiden dan wakil presiden, kerap menghiasi daftar tokoh yang dinilai populer untuk dicalonkan pada Pilpres 2014 mendatang. Namun, bukan berarti kemunculan para politisi muda tertutup sama sekali. Karena para politisi muda diprediksi akan lebih moncer ketimbang para seniornya.

"Hasil survei terbaru LSI menyimpulkan, politisi tua lebih populer dari politisi muda," kata Peneliti utama Lembaga Survei Indonesia (LSI) Saiful Mujani pada diskusi 'Premanisme Politik di Jagat Nasional' di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (24/2).

Pembicara lainnya pada diskusi tersebut adalah anggota DPD RI Alirman Sori dan Koordinator LSM Jaringan Advokasi Tambang Andra S Wijaya. Hasil survei LSI soal calon presiden 2014 yang dipublikasikan di Jakarta, Kamis (23/2) kemarin, yakni 10 nama calon presiden paling populer adalah, Megawati Soekarnoputri dipilih oleh 22,2 persen responden, Prabowo Subianto (16,8 persen), Aburizal Bakrie (10,9 persen), dan Wiranto (10,6 persen).

Sementara itu sejumlah nama politisi muda, kata dia, hanya dipilih oleh responden yakni satu persen dan kurang dari satu persen, sehingga masih kalah jauh dari popularitas politisi tua. "Tidak populernya politisi muda, karena mereka belum berbuat dan melakukan sesuatu yang terekam dalam benak publik," katanya.