Rabu 29 Feb 2012 16:52 WIB

Jakarta International Java Jazz Festival

Red: M Irwan Ariefyanto
java jazz 2012
Foto: javajazz
java jazz 2012

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --  Event tahunan musik jazz terbesar di Indonesia ini akan segera digelar, Jumat 1 Maret besok. Java Jazz adalah festival musik jazz terbesar yang setiap tahunnya diselenggarakan setiap awal bulan Maret di Jakarta, Indonesia sejak tahun 2005. Selain menghadirkan musisi jazz mancanegara maupun dalam negeri, festival ini juga disertai musisi dari genre musik lainnya seperti R&B, soul, dan reggae. Pada ajang tahun 2006 adalah, sejumlah bintang kelas dunia seperti rajanya musik soul, James Brown, sampai grup lawas Earth, Wind & Fire, tampil memukau penonton di Jakarta. Setiap tahunnya, sejumlah musisi kelas dunia tampil mengoyang Jakarta. Mulai dari Eric Benet, Lee Ritenour, Santana, Bob James, Sergio Mendes, Chaka Khan, Lisa Ono dan Jamie Cullum.

Peter F. Gontha adalah orang dibalik kemegahan festival jazz tersebut. Ia banyak terlibat dalam aktivitas yang berhubungan dengan jazz. Ia termotivasi dan terinspirasi dari visi bahwa orang-orang dari seluruh dunia dapat bekerja bersama dalam damai dan harmoni melalui media musik yang indah, ia melihat musik sebagai satu-satunya bahasa internasional, memotong semua hambatan dan membuka hati dan pikiran di mana pun terdengar.

Tahun ini, Java Jazz yang kembali digelar di JI EXPO Kemayoran, Jakarta pada 2-4 Maret 2012 akan menghadirkan banyak musisi internasional juga. Yang paling dikenal oleh publik di Jakarta tentunya Stevie Wonder. Selain itu, penyanyi R&B Erykah Badu juga ikut meramaikan perhelatan akbar ini. Para musisi jazz lainnya yang langganan tampil adalah Phil Perry, Sheila E presents the E Family, Robert Randolph, Bobby McFerrin, Mama's Gun, dan Dave Koz.  

Tak hanya musisi jazz internasional, sederet musisi jazz Indonesia pun siap unjuk gigi di konser tersebut. Mulai dari musisi yang mengusung musik jazz  di antaranya Berry Likumahua, Andre Harihandoyo and Sonic People, Andien, Trio Lestari yang beranggotakan Glen Fredly, Sandhy Sondoro, Tompi, hingga band yang dikenal kental dengan musik pop, Kla Project.

Untuk menonton Java Jazz selama tiga hari beruntun, panitia menjual tiket Rp 1,6 juta. Tapi panitia juga menjual tiket terusan untuk satu hari dan dua hari. Harga tiket tersebut berbeda dari harga tiket untuk kategori special show yang diisi Stevie Wonder, Erykah Badu, Herbie Hancock, Pat Metheny, dan Al Jarreau and George Duke. Khusus untuk Stevie Wonder, harga tiket yang diberikan sebesar Rp 1.925.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement