Sabtu 03 Mar 2012 22:55 WIB

Pat Metheny, Gitaris yang Juga Seorang Dosen

Red: M Irwan Ariefyanto
pat metheny
Foto: ap
pat metheny

REPUBLIKA.CO.ID,Bagi penggemar musik jazz di Indonesia, nama Pat Metheny cukup akrab didengar. Lahir di Lee's Summit, Missouri, Amerika Serikat, 12 Agustus 1954, Pat  yang memiliki nama asli Patrick Bruce Metheny adalah seorang pemain gitar jazz asal Amerika.

Ia adalah pemimpin dari grup musik Pat Metheny Group. Prestasinya cukup disegani di kalangan musisi jazz. Ia dan grupnya telah menjual tiga album cukup laris di pasaran. Album yang dihasilkannya pun tak kurang menuai prestasi, 17 penghargaan grammy award. Pat juga dikenal mau berkolaborasi dengan siapapun musisi jazz. Tak terhitung ia membantu banyak musisi jazz rekaman baik secara duet atau membantu grup lain.

Kemampuannya memetik gitar dikenal di kalangan penggemar jazz karena pengaruh unsur-unsur progresif jazz, post bop, jazz fusion, latin jazz dan musik kontemporer. Tak heran, selain dikagumi, ia banyak menginspirasi pemain-pemain gitar jazz muda saat ini

Pat Metheny lahir di keluarga pemusik, memulai mempelajari trompet pada usia 8 tahun. Kemudian di usia 12 tahun, ia mulai beralih ke instrumen gitar. Tiga tahun kemudian di usianya yang ke 15 tahun, ia mulai bermain secara rutin dengan pemusik-pemusik terbaik di Kansas City. Pengalaman dengan para musisi ini, mengasah kemampuan Pat hingga seperti sekarang ini.