Jumat 09 Mar 2012 03:01 WIB

Miliarder Indonesia Masuk Forbes? Itu Wajar

Rep: Indah Wulandari/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 17 pengusaha miliarder Indonesia berhasil menembus daftar orang terkaya dunia tahun 2012 versi majalah Forbes. Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Prasetyantono, menilai kemunculan nama orang terkaya di dunia dari Indonesia sesuatu yang logis.

Ia menarik garis waktu sesudah pulih dari krisis dahsyat tahun 1998. saat itu perekonomian Indonesia mulai pulih dan pendapatan per kapita masyarakat melewati USD 3000 per kapita/tahun. Kelas sosial menengah juga tumbuh cepat, hingga jumlahnya kini mencapai 135 juta orang. “Saya pikir hal itu logis. Konsekuensinya, dunia usaha juga makin berkembang, sehingga para pebisnisnya pun masuk di jajaran top dunia,” kata Tony, Kamis (8/3).

Estimasi Tony terhadap fenomena ini adalah bakal lebih banyak lagi bermunculan pengusaha sukses. Tak sekadar berjaya meraih perolehan, ujarnya, tapi akan lebih banyak lagi pengusaha kita menjadi orang kaya yang masuk peringkat dunia. Ia pun meminta agar masyarakat serta pemerintah tetap mempertahankan dan meningkatkan momentum entrepreneurship. “Jika makin banyak pengusaha dan perusahaan, ini bisa kita andalkan sebagai ‘sapu jagat’ masalah pengangguran kita,”paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement