Ahad 18 Mar 2012 06:56 WIB

Fabrice Muamba Pingsan, Laga Perempat Final Piala FA Dihentikan

Red: Heri Ruslan
piala FA
piala FA

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Pertandingan perempat final Piala FA antara Tottenham Hotspur melawan Bolton Wanderers dihentikan pada Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB, setelah gelandang Bolton, Fabrice Muamba, tidak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit.

Pemain kelahiran Kinshasa tersebut terlihat terjatuh dan tidak sadarkan diri, dengan tidak ada seorang pemain pun berada di dekatnya pada akhir babak pertama di White Hart Lane.

Beberapa petugas medis terlihat berupaya menyadarkan sang pemain, sebelum ia kemudian ditandu ke luar lapangan pada menit ke-41, saat skor dalam keadaan 1-1. Muamba mengenakan masker oksigen dan diapit oleh beberapa paramedis dan staf medis Bolton ketika ia meninggalkan lapangan.

Wasit Howard Webb memanggil para pemain untuk meninggalkan lapangan sebelum kemudian diumumkan bahwa pertandingan tersebut dihentikan. Mantan pemain Timnas Inggris U-21, Muamba, yang sempat mendapat penanganan di lapangan selama sekitar enam menit, dibawa ke rumah sakit sedangkan anggota paramedis berupaya untuk menyadarkannya, demikian dilaporkan oleh televisi ESPN.

Beberapa pemain dari kedua tim terlihat meneteskan air mata ketika kondisi serius situasi ini menjadi nyata, dan para penggemar menyanyikan nama Muamba ketika ia sedang mendapat penanganan.

Rekan setim Muamba di Bolton, Stuart Holden, menulis dalam akun Twitternya, "Berdoa untuk Anda, Fab. Mudah-mudahan ia baik-baik saja. Pikiranku melayang pada dirinya dan keluarganya."

Mantan pemain sayap Liverpool dan Timnas Inggris, John Barnes, berkomentar pada ESPN, "Dari reaksi para pemain di kedua kubu, kelihatannya hal ini telah menjadi sangat serius."

Mantan pelatih Timnas Inggris, Kevin Keegan, juga berkomentar pada pertandingan tersebut, menambahkan, "(Penyerang Tottenham) Jermain Defoe terlihat benar-benar putus asa."

"Para pendukung berada pada keadaan terkejut. Saya tidak pernah melihat kejadian seperti ini di lapangan sepak bola sebelumnya. Hati kami bersama keluarganya."

Bintang-bintang sepak bola Inggris segera mengekspresikan perhatiannya, dengan bek Manchester United, Rio Ferdinand, menulis melalui Twitter, "Ayo Fabrice Muamba, kami berdoa untukmu."

Gelandang Arsenal dan Timnas Inggris, Jack Wilshere, yang bermain bersama Muamba saat dipinjamkan ke Bolton, menambahi, "Mudah-mudahan Muamba baik-baik saja. Pikiranku melayang padanya."

Manajer Bolton, Owen Coyle, dan kapten klub, Kevin Davies, dilaporkan telah pergi ke rumah sakit untuk memantau kondisi Muamba. Bolton merilis pernyataan segera setelah pertandingan tersebut dihentikan, yang berbunyi, "Fabrice Muamba telah dibawa ke rumah sakit menyusul kolapsnya. Kami tidak memiliki informasi lebih lanjut untuk saat ini."

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement