Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tekan Nuklir Korut, Obama Kunjungi Zona Demiliterisasi

Rabu 21 Mar 2012 08:43 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hafidz Muftisany

Presiden AS Barack Obama

Presiden AS Barack Obama

Foto: CBSNews.com

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --  Di tengah ketegangan baru dengan Korea Utara (Korut) atas rencana peluncuran roket, Presiden Barack Obama akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) di perbatasan Korut dan Korea Selatan pada Ahad (25/3) mendatang. Kunjungan bertujuan menekan Korut menghentikan program senjata nuklirnya.

 

Kunjungan tersebut dilakukan sebelum konferensi tingkat tinggi (KTT) keamanan nuklir di Seoul. Kunjungan Obama ke DMZ merupakan bagian dari kunjungan selama tiga hari ke Korea.

Kunjungan Obama merupakan bentuk dukungan terhadap Korea Selatan yang mengalami jalan buntu terkait pembicaraan nuklir dengan Korut. Korut tidak akan menghadiri KTT tersebut karena tidak diundang.

"Kami berharap dan menyarankan Cina menggunakan segala cara mempengaruhi keputusan Korut soal senjata nuklirnya," ujar Daniel Russel Direktur Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Selasa (20/3).

Cina merupakan sekutu dekat Korut. Cina juga menyuarakan kekhawatirannya mengenai rencana peluncuran roket Korut. Kunjungan Obama juga merupakan kesempatan berterima kasih kepada sekitar 28 ribu pasukan AS yang masih ditempatkan di Korea Selatan.

Meskipun pejabat AS secara teratur mengunjungi DMZ, kunjungan Obama kemungkinan besar akan dibaca sebagai simbol kekuatan AS terhadap pemimpin Korut. Kunjungan Obama juga tepat dua tahun setelah tenggelamnya kapal Korea Selatan. Ia akan menjadi pemimpin AS yang pertama kali mengunjungi DMZ sejak kunjungan George W. Bush pada 2002.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile