Kamis 22 Mar 2012 19:56 WIB

Duh, 70 Ribu Anak Meninggal karena Tubercolosis Setiap Tahun

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Heri Ruslan
Kuman TBC
Foto: .
Kuman TBC

REPUBLIKA.CO.ID,  JENEWA -- Sebanyak 70 ribu anak-anak meninggal akibat tubercolosis (TB) setiap tahunnya. Tingginya angka kasus tersebut disebabkan kegagalan tenaga medis mendeteksi gejala TB sejak dini.

"Seringkali TB tidak dapat terdiagnosa pada anak-anak. Hal ini karena gejala TB pada anak memang tidak terlalu spesifik," kata Kordinator Departemen Penanggulangan Tubercolosis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Malgosia Grzemska, seperti dikutip AP, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan, pada orang dewasa gejala TB dapat dikenali dengan batuk yang kronis. Namun pada anak-anak, TB tidak disertai batuk. "Anak hanya menjadi kurang aktif. Mereka menjadi terlihat selalu lesu," ungkapnya.

Untuk menanggulangi hal itu, lanjut dia, perlu dilakukan deteksi dini pada anak-anak yang tinggal di lingkungan keluarga yang menderita TB. Meski tidak terinfeksi TB, anak-anak ini harus diberikan terapi pencegahan. Sedangkan bagi anak yang sudah terlanjur terinfeksi harus segera dirawat seketika. "Sekitar setengah juta bayi dan anak terinfeksi TB tiap tahunnya," imbuhnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement