Sabtu 07 Apr 2012 19:11 WIB

100 Tentara Pakistan Terperangkap Longsoran Salju

Red: Heri Ruslan
Tentara Pakistan mengangkut suplai logistik di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2400 meter dekat perbatasan dengan India.   (Foto file).
Foto: Anja Niedringhaus/AP
Tentara Pakistan mengangkut suplai logistik di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2400 meter dekat perbatasan dengan India. (Foto file).

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Salju yang longsor menyebabkan lebih dari 100 tentara Pakistan terperangkap dekat gletser Siachen di perbatasan dengan India pada Sabtu (7/4). Sumber militer Pakistan memperkirakan adanya korban jiwa akibat peristiwa itu.

Beberapa stasiun televisi Pakistan sebelumnya memberitakan bahwa sekitar 150 tentara Pakistan terperangkap. "Pada pukul enam pagi ini longsoran salju itu menghantam satu markas militer. Lebih dari 100 tentara dan personil terperangkap," kata juru bicara militer Mayjen Athar Abbas kepada Reuters.

Satu tim pertologan yang menggunakan helikopter sedang mencari tentara-tentara dengan membawa anjing-anjing pelacak. Siachen terletak di utara Kashmir yang berpeduduk mayoritas Muslim menjadi pusat pertikaian antara India dan Pakistan dan kedua negara terlibat dua dari tiga kali perang mereka menyangkut Kashmir sejak merdeka dari Inggris tahun 1947.

Pasukan India dan Pakistan yang diperkirakan berjumlah antara 10.000 sampai 20.000 personil saling berhadapan di gunung-gunung di gletser Siachen di daerah Karakoram sejak tahun 1984.