Rabu 11 Apr 2012 19:37 WIB

BMKG Minta Banten Lengkapi Fasilitas Peringatan Bencana

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  SERANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta Pemerintah Provinsi Banten segera melengkapi fasilitas untuk peringatan bahaya bencana gempa dan tsunami untuk mengurangi risiko atau dampak bencana tersebut.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Suhardjono di Serang, Rabu mengatakan, kelengkapan sarana dan fasilitas peringatan bencana di wilayah Banten dimaksudkan untuk mengantisipasi dan melengkapi sarana yang sudah ada saat ini, sehingga jika terjadi bencana, risiko dan dampak bencana tersebut tidak terlalu besar bagi masyarakat sekitar karena sudah diantisipasi.

"BMKG sebagai institusi yang produknya berupa informasi di antaranya mitigasi bencana, kami mengharapkan bagaimana agar informasi tersebut bisa dimanfaatkan dan diterima masyakat," kata Suhardjono usai rapat kordinasi terkait mitigasi bencana dengan Pemprov Banten.

Ia mengatakan, agar informasi terkait mengenai mitigasi bencana tersebut sampai kepada masyarakat, tentunya membutuhkan sarana atau infrastrukturnya seperti sirine, DVB, stasiun, monumen untuk evakuasi warga dan lainnya.