Senin 16 Apr 2012 05:00 WIB

Mari Bersikap Toleran

Red: Heri Ruslan
Syiah dan Sunni
Syiah dan Sunni

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Cucu Surahman MA

Sikap toleran adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, setiap orang diciptakan berbeda-beda. Secara personal, mereka membawa karakternya masing-masing dan secara sosial, mereka terlahir dalam lingkungan yang berbeda-beda pula. Hal inilah yang membuat manusia begitu beragam. Mereka berbeda dalam negara, bangsa, budaya, bahasa, agama, dan seterusnya. Ketika seseorang hidup di tengah masyarakat yang beragam itu maka sikap toleran mutlak diperlukan agar tidak terjadi gesekan-gesekan sosial.

Sikap toleran juga sangat diperlukan tak terkecuali dalam konteks beragama. Baik itu intern (sesama) maupun ekstern (antar) umat beragama. Dalam kasus intern beragama (Islam), tidak jarang kita mendapati antar organisasi sosial-keagamaan bertengkar karena perbedaan-perbedaan di antara mereka. Begitu juga dalam hal ekstern beragama, sering sekali terjadi konflik yang disebabkan karena berbeda agama. Padahal kalau kita hayati dengan pikiran yang jernih, perbedaan-perbedaan tersebut tidak akan hilang sampai kapan pun karena itu merupakan kodrat ilahi.

Allah SWT berfirman: "...Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan…(QS Al-Maidah: 48).