Senin 23 Apr 2012 15:36 WIB

AS-Afghanistan Sepakati Alur Penarikan NATO 2014

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany
Tentara AS di Afghanistan
Foto: Reuters
Tentara AS di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL-- Amerika Serikat dan Afghanistan pada Ahad (22/4) telah menyelesaikan draf kesepakatan strategis bidang pertahanan. Duta Besar AS untuk Kabul, Ryan Crocker, dan penasihat keamanan nasional Afghanistan, Rangin Spanta, menandatangani salinan perjanjian.

"Setelah kerja keras bersama, kami senang bahwa kami hampir menyelesaikan negosiasi Kemitraan Strategis," kata juru bicara Kedubes AS di Kabul kepada Reuters.Menurut pernyataan, kesepakatan sebaga upaya menjalin kemitraan yang langgeng dengan Afghanistan dan juga untuk memperkuat kedaulatan, stabilitas untuk mengalahkan Alqaidah dan para ekstrimis.

Kesepakatan memakan waktu lebih dari sembilah bulan karena AS harus menyepakati tuntutan Karzai untuk menyerahkan pengoperasian penjara AS ke Afghanistan. Apalagi, ditambah dengan ketegangan antara AS dan Afghanistan karena sejumlah insiden seperti pembakaran Alquran dan penembakan warga sipil oleh tentara AS.

"Baik Presiden Obama dan Presiden Karzai mengatakan mereka berharap untuk menandatangani perjanjian ini sebelum KTT NATO di Chicago," kata jurubicara itu.