Rabu 25 Apr 2012 04:07 WIB

Kuasai Jakarta, Jokowi Lebih suka Dialog dengan Massa Akar Rumput

Red: Endah Hapsari
Walikota Solo Jokowi
Foto: themarketeers
Walikota Solo Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), calon Gubernur DKI Jakarta dari PDI Perjuangan dan Gerindra, kini mulai menggarap massa akar rumput (grassroots) dan menghindari kampanye pengerahan massa dalam mendulang suara pada Pilgub DKI Jakarta mendatang.

"Ya nanti untuk kampanye kami sedapat mungkin akan menghindari pengerahan masa, tetapi lebih diarahkan pada dialog di kantong-kantong massa akar rumput dan ini memang masih belum banyak tersentuh," kata Jokowi.

Menyinggung mengenai nama Jokowi tercatat paling populer dan memiliki elektabilitas tinggi di kalangan atas dan akademisi berdasarkan studi kajian Tokoh Laboratorium Psikologi Universitas Indonesia dan The Cyrus Network, ia mengatakan itulah sebabnya massa akar rumput harus digarap, semuanya agar terakomodasi dengan baik.

Dalam survei opini pemimpin Jakarta 2012 yang dilakukan dari 24 November hingga Desember 2011, berdasarkan calon Gubernur DKI Jakarta yang dinilai layak dan memiliki potensi memperbaiki Jakarta masa mendatang, Jokowi meraih 17 persen.